Artikel ini diterjemahkan dari https://ishlah.github.io/how-to-use-google-docs-rubric-and-originality-report-in-google-classroom-assignment/


Selama situasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akibat pandemi COVID-19, sebagian besar proses pembelajaran disampaikan melalui platform e-learning, salah satunya Google Classroom. Google Classroom hadir dengan solusi Google lainnya, seperti Google Drive, Google Docs, Google Forms, Google Slide, Calendar, Hangout Meets, dll. kita dapat langsung menggunakannya di Kelas kita untuk berbagai kasus penggunaan, salah satunya adalah Assignment. Pendidik akan memposting satu atau dua tugas di Kelas, untuk membantu siswa memahami topik serta untuk mendapatkan umpan balik penilaian darinya. Dalam artikel ini, saya ingin berbagi tip untuk memanfaatkan Google Documents dalam mempersiapkan dan memberikan tugas, terutama untuk tugas jenis esai. Dalam artikel ini juga akan dibahas tip singkat tentang cara menggunakan Rubrik (Rubric) dan fitur Laporan Orisinalitas (Originality Reports) yang disediakan di Google Classroom. Pertama, pastikan Anda sudah memiliki akses ke Google Classroom sebagai guru dan memiliki setidaknya satu Kelas dengan siswa. Sekarang mari kita mulai dari sudut pandang guru.

Buat tugas dan lampiran dokumen template esai

Pada langkah pertama ini, kita akan membuat tugas dan lampiran dokumen templat esai untuk dikerjakan siswa. Untuk membuat tugas, ikuti langkah-langkah ini:
  1. Pergi ke bagian Pengerjaan Kelas (Classwork), lalu klik tombol “+ Create” .
  2. Pilih menu “Assignment” (Tugas). Ini akan menghasilkan tugas baru dalam sesi Pekerjaan Kelas dan Anda akan dibawa ke panel tugas untuk mengisi beberapa rincian tugas, termasuk “Judul” dan “Instruksi” . Lanjutkan mengisinya dengan rincian tugas Anda.
  3. Di bawah bidang instruksi, klik tombol “+ Buat” dan pilih menu  “Docs”. Ini akan menghasilkan file Google Docs baru dan Anda akan dibawa ke tab baru untuk file Google Documents yang baru. 
    Di tab ini, silakan buat templat esai tugas Anda untuk dikerjakan siswa, sepenuhnya terserah Anda untuk mengatur templat. Setelah menyelesaikan templat di atas, kita akan membuatnya tersedia untuk setiap siswa. Dengan kata lain, salin untuk setiap siswa.
  4. Jadi kembalilah ke panel Assignment di tab Google Classroom. Jika Anda perhatikan dalam lampiran tugas, ada menu dropdown dengan beberapa opsi untuk dipilih: Siswa dapat melihat file, Siswa dapat mengedit file, dan Membuat salinan untuk setiap siswa. Berikut adalah triknya, Pilih menu  “Buat salinan untuk setiap siswa” agar tersedia untuk setiap siswa.
    Dengan melakukan ini, setiap siswa akan memiliki Google doc mereka sendiri untuk mengerjakan tugas, yang unik untuk nama mereka. Google Classroom akan menambahkan nama siswa ke nama file Google docs yang terlampir. Misalnya, jika nama doc adalah “Penugasan A” dan nama siswa adalah “Ishlah”, dokumen yang diduplikasi akan diganti namanya menjadi “Ishlah – Penugasan A”
  5. Konfigurasikan properti tugas Anda yang lain, seperti: untuk kelas dan siswa yang tugasnya harus diterbitkan, kategori nilai, poin, jatuh tempo, topik, rubrik, dan laporan orisinalitas (Untuk dua item terakhir akan dijelaskan di bagian berikutnya).
  6. Simpan sebagai draft dengan mengklik “Simpan draft” tombol
Pilih menu  “Buat salinan untuk setiap siswa”  agar tersedia untuk setiap siswa di kelas

Tambahkan rubrik ke tugas

Dalam terminologi pendidikan, rubrik berarti “panduan penilaian yang digunakan untuk mengevaluasi kualitas respon yang dikirim siswa” . Sederhananya, itu adalah seperangkat kriteria untuk penilaian tugas.

– Wikipedia
Untungnya di Google Classroom, baru-baru ini sudah didukung. Jadi kita bisa menambahkan beberapa kriteria untuk tugas kita. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Masih di panel tugas, klik tombol “+ Rubrik” . Kemudian pilih menu  “Buat rubrik” untuk membuat yang baru (Jika Anda sudah pernah melakukan ini sebelumnya dalam tugas lain, Anda dapat memilih “Menu penggunaan kembali” untuk menggunakan kembali rubrik yang tersedia atau “Impor dari lembar”). 
    Anda kemudian akan dibawa ke panel “Rubrik” , seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah,
    Panel modal rubrik
    Panel modal rubrik di Google Classroom
  2. Sekarang coba tambahkan satu atau lebih kriteria yang sesuai dengan tugas Anda. Isi “Criterion title” sebagaimana diperlukan, dan “Criterion description” untuk membantu Anda dan siswa Anda memahami apa yang diharapkan untuk penilaian tugas.
  3. Untuk setiap kriteria, di bawah deskripsi Kriteria, tambahkan setidaknya dua atau tiga poin level. Untuk diperhatikan, Anda harus menentukan poin yang berbeda untuk setiap level. Jadi misalnya, jika kita memiliki 3 level: sederhana, sedang, dan kompleks, mereka akan memiliki 5, 10, dan 15 poin masing-masing. Poin terbesar kemudian akan diagregasi dalam keseluruhan poin penilaian.
  4. Klik “+ Tambahkan kriteria” jika Anda ingin menambahkan lebih banyak kriteria dan ulangi langkah ketiga di atas.
  5. Klik tombol  “Simpan” untuk menyimpan pembuatan rubrik dan kembali ke panel Tugas.
Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menggunakan fitur Rubrik ini, silakan pergi ke Grade dengan dukungan dokumentasi rubrik .

Aktifkan laporan orisinalitas

Terakhir, Anda juga dapat mengaktifkan opsi laporan Orisinalitas (Originality reports) untuk menambahkan pelaporan setiap orisinalitas esai. Untuk melakukannya, klik kotak centang “Laporan Orisinalitas” dan klik tombol “Lanjutkan” untuk mengonfirmasi.
Mengaktifkan laporan orisinalitas (Originality Reports)
Mengaktifkan laporan orisinalitas (Originality Reports)
Apa yang dilakukan Google Classroom adalah, ia akan memeriksa tugas masing-masing siswa dan membandingkannya dengan konten situs web dan artikel di seluruh internet untuk menunjukkan seberapa asli setiap tuga esai yang dikirimkan. Hal ini sangat berguna ketika Anda ingin melakukan pemeriksaan plagiarisme untuk setiap esai untuk memudahkan pekerjaan Anda dalam meninjau mereka.  Secara default, kita dibatasi untuk menggunakan opsi ini hanya sebanyak 3 kali untuk setiap kelas. Jadi pastikan Anda menggunakannya dengan bijak. Terakhir, Klik tombol  “Tetapkan” untuk menerbitkan tugas ke kelas. Begitu diterbitkan, setiap siswa akan memiliki akses ke tugas dan template esai untuk dikerjakan. Mereka juga akan dapat melihat kriteria penilaian tugas melalui Rubrik. Selain itu, siswa juga akan dapat menjalankan pemeriksaan laporan Orisinalitas sebelum mereka menyerahkan pekerjaan mereka.
Tampilan Penugasan di Siswa
Tampilan Penugasan di Siswa yang telah ditambahkan Rubric dan Originalitiy Reports
Untuk membantu Anda dengan prosesnya, saya juga telah mempublikasikan video tentang cara langkah-langkah di atas dalam Bahasa Indonesia. Silakan cek videonya di bawah.
Salam, MSNI

3 comments

Tinggalkan pesan