Bismillaah, Moodle sebagai penyedia platform e-learning memiliki fasilitas blogging yang dikenal dengan nama “Site blogs”. Fasilitas tersebut berfungsi untuk menambahkan tulisan yang dapat dibaca oleh semua peserta yang terdaftar di sebuah e-learning yang menggunakan Moodle. Untuk menambahkan sebuah tulisan ke dalam sites blogs tersebut cukuplah mudah, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut.
  1. Setelah Anda login ke e-learning berbasis Moodle, kliklah menu Site pages > Site blogs di bagian panel Navigation (please be aware, posisi panel ini akan sangat bergantung pada theme Moodle yang digunakan pada e-learning yang Anda gunakan)
  2. Setelah masuk ke halaman Site blogs, Anda tinggal klik menu Add a new entry, dan Anda pun akan dibawa ke halaman Blogs: Add a new entry di mana Anda dapat dengan mudah menambahkan tulisan yang Anda inginkan
  3. Terakhir klik tombol Save changes jika Anda telah selesai dengan konten tulisan Anda. Tulisan Anda pun akan terpampang di halaman Site blogs.
Mudah bukan?  Lalu bagaimana jika Anda sudah memiliki blog pribadi yang entri tulisannya berkaitan dengan perkuliahan di e-learning, dan Anda ingin agar konten blog tersebut dapat juga diakses melalui e-learning? Jawabannya adalah, selama blog Anda tersebut memberikan akses ke RSS feed (RDF Site Summary atau Rich Site Summary atau Really Simple Syndicate) terhadap konten yang terdapat di blog, maka Anda dapat dengan mudah menampilkan konten blog Anda di Site blogs-nya e-learning berbasis Moodle yang Anda gunakan. Ayo kita mulai! 
  1. First thing first, ambil alamat URL RSS feed blog Anda. Pastikan blog Anda memberikan akses ke RSS feed dari blog Anda tersebut. Jika Anda menggunakan WordPress sebagai platform blog Anda, Anda dapat dengan mudah menemukan alamat URL RSS feed tersebut di domain-blog-anda.com/rss , contohnya https://ishlah.id/feed. Namun jika tidak, Anda dapat mengikuti tutorial di https://zapier.com/blog/how-to-find-rss-feed-url/
  2. Pada e-learning Moodle, masuklah ke halaman Preferences. Lalu lihat ke bagian menu Blogs, Anda akan melihat beberapa menu di sana: Blog preferences, External blogs, dan Register an external blog. Pilihlah menu Register an external blog, Anda akan dibawa ke halaman Register an external blog
  3. Pada halaman tersebut, isikan field RSS feed URL dengan alamat URL RSS feed dari blog Anda yang didapat pada tahap 1 di atas. Anda dapat mengisi field lainnya, namun yang wajib diisi hanya bagian field RSS feed URL saja. Klik tombol Save changes.
Voila! jika Anda kembali ke halaman Site pages, konten blog Anda sudah terpampang di sana 😉 Untuk memudahkan Anda mencoba, berikut saya sertakan juga video tutorial singkatnya. Selamat mencoba!
 Demikian tips singkat kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa subscribe channelnya juga ya ;D

Tinggalkan pesan